Tips Membangun Rumah Minimalis

Rumah dengan konsep minimalis kini telah menjadi tren terutama karena lahan hunian yang semakin terbatas di area perkotaan. Rumah minimalis menjadi sangat disukai mungkin juga karena konsep yang sederhana dan tidak ribet. Oleh karena itu, rumah minimalis semakin diminati.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah minimalis, berikut tips membangun rumah minimalis agar tidak terlalu memberatkan.

1. Rencanakan dengan tepat

Saat akan membangun rumah baik rumah minimalis atau bukan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah perencanaan yang matang dan tepat. Bagian perencanaan ini sangat penting agar proses pembangunan dapat terkontrol. Dengan begitu, Anda dapat mencegah terjadinya kesalahan selama proses pembangunan berlangsung.

Buat perencanaan sedetail mungkin dengan rincian yang jelas, temasuk kapan pembangunan dimulai dan kapan selesai. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan seberapa banyak total anggaran yang diperlukan untuk membangun rumah minimalis.

2. Pilih tukang yang kompeten

Selain membutuhkan perencanaan yang tepat, Anda juga harus memilih tukang yang kompeten saat akan membangun rumah minimalis. Ini karena tukang yang kompeten dan berkualitas akan sangat menentukan kualitas rumah minimalis yang dihasilkan.

Tukang atau tenaga kerja umumnya menjadi salah satu penyebab banyaknya dana yang keluar. Oleh karena itu, meski memilih tukang yang kompeten dan berkualitas, Anda tetap harus mempertimbangkan dari segi biaya.

Di samping kualitas kerja yang baik, Anda tetap harus mencari tukang yang harga jasanya masih terjangkau dengan rencana anggaran yang Anda miliki.

3. Pilih bahan lokal

Selain tukang, Anda juga akan membutuhkan berbagai material atau bahan bangunan untuk membangun rumah minimalis.

Bahan bangunan akan menentukan kekuatan dan kualitas bangunan rumah sehingga perlu dipilih yang kualitasnya baik. Bahan bangunan dengan kualitas yang baik bukan berarti harus berasal dari luar negeri.

Bahan bangunan dalam negeri dengan kualitas baik pun ada sehingga Anda sebaiknya memilih bahan bangunan lokal dari dalam negeri. Selain harganya lebih terjangkau, ongkos transportasi bahan bangunan lokal juga lebih murah.

4. Riset harga

Jika anggaran yang Anda miliki terbatas atau pas-pasan, Anda harus siap untuk mencari material atau bahan bangunan dengan harga termurah. Caranya adalah dengan melakukan riset harga ke berbagai toko yang ada dan membandingkan satu toko dengan toko lainnya.

Dengan cara tersebut, Anda dapat memperoleh bahan bangunan yang paling murah sehingga dapat menghemat pengeluaran anggaran.

5. Lakukan pembangunan bertahap

Selain mencari material termurah dengan melakukan riset harga, Anda juga dapat melakukan pembangunan secara bertahap. Hal ini dapat dilakukan apabila anggaran yang dimiliki sangat pas-pasan.

Dengan melakukan pembangunan secara bertahap, Anda dapat memantau pengeluaran anggaran dengan lebih baik. Walau cara ini membutuhkan lebih banyak waktu, cara ini sangat sesuai bagi Anda yang memiliki masalah dalam mengumpulkan anggaran yang cukup untuk membangun rumah hingga langsung selesai.

Dengan menerapkan pembangunan bertahap, Anda dapat membangun rumah sedikit demi sedikit sambil mengumpulkan dana untuk memenuhi kebutuhan dan untuk menyelesaikan pembangunan.

Tips membangun rumah minimalis di atas akan dapat diterapkan dengan mudah apabila Anda meminta bantuan dari jasa interior jogja. Anda dapat berkonsultasi dengan jasa interior jogja terkait desain rumah minimalis dan rincian lainnya.

Dengan cara itu, Anda tidak harus melakukan semuanya sendiri, mulai dari perencanaan sampai tahap pembangunan dan memungkinkan Anda mendapatkan tugas yang lebih ringan.