Jangan Takut Memulai, 6 Tips Bisnis Kuliner Bagi Pemula Boleh Dicoba

 

Rata-rata masyarakat Indonesia memiliki daya konsumtif yang cukup tinggi. Kondisi ini bisa anda tangkap sebagai peluang untuk membuka bisnis kuliner. Keuntungan yang menggiurkan membuat banyak orang berbodong-bondong mendirikan usaha kuliner. Persaingan ketat jelas terjadi, oleh sebab itu anda perlu tips bisnis kuliner bagi pemula. Simak ulasannya berikut.

Aturlah Strategi dan Raih Untung Tinggi

  1. Mantapkan Segmentasi Pasar

Ketika memulai bisnis tentu anda harus tahu peluang pasar seperti apa. Anda juga perlu tahu apa yang dibutuhkan oleh pembeli dan bagaimana prospek ke depannya. Ciptakan kuliner yang menjawab kebutuhan masyarakat sekitar. Kemudian mempertimbangkan daya beli masyarakat agar usah terus berjalan. Untuk itu anda membutuhkan segmentasi pasar untuk pemetaan.

Ada sekitar lima poin yang perlu dipikirkan dengan matang sebelum mulai usaha. Diantaranya branding, target pasar, identitas brand, jenis kuliner, dan sistem operasional. Paling penting ialah persiapkan jenis kuliner yang akan dipasarkan. Setelah itu baru diikuti oleh komponen lainnya. Persiapan awal ini akan memudahkan anda saat menjalankan bisnis.

  1. Buat Keunikan dari Kuliner

Usaha kuliner sudah menjamur di tengah masyarakat, bahkan ada beberapa produk yang serupa. Tapi belum tentu persamaan tersebut tidak punya faktor pembeda. Inilah tugas anda untuk menciptakan keunikan, yang nantinya bisa menjadi menu andalan. Dalam dunia kuliner, sisi unik justru memiliki penggemar paling banyak. Hal ini bisa jadi strategi untuk mengurangi persaingan.

  1. Pilih Lokasi Bisnis

Penting bagi pemula mempertimbangkan pemilihan lokasi demi kelangsungan usaha. Jika ingin mendirikan cafe berarti cari tempat di sekitar perkotaan. Semakin strategis lokasi maka pembeli akan terus berdatangan. Pastikan tempat bisnis berdiri mudah diakses dan minimal mudah ditemukan dalam Maps. Jangan terlalu jauh dari pemukiman agar permintaan tetap berjalan.

  1. Buat Kreasi Menu

Setelah mantap dengan satu menu andalan, anda coba eksplor berbagai menu agar lebih variatif. Tujuannya agar pelanggan tidak bosan dan tetap kembali ke tempat anda. Sehingga mempersempit peluang kompetitor untuk menggaet pelanggan anda. Kreasi ini tidak harus membuat menu yang berbeda, misalnya buat kue brownies dengan beragam rasa.

  1. Siapkan Modal

Tips bisnis kuliner bagi pemula berikutnya adalah persiapan modal usaha. Bisnis tidak bisa berjalan tanpa adanya modal, baik berupa uang maupun peralatan. Pertama ketahui dulu jumlah modal yang anda punya. Dari sini anda lebih mudah menentukan jenis kuliner yang akan dijual. Apabila modal kecil berarti buka usaha standar lebih dulu, misal menu nasi bungkus.

Sedangkan jika jumlah dana yang anda miliki lumayan besar, mungkin bisa coba usaha kuliner kelas menengah. Contohnya kalau ada modal 200 juta, usaha kedai kopi sepertinya menjanjikan. Jangan lupa buat daftar bahan-bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan nantinya. Hal ini untuk menghindari pengeluaran dadakan di tengah jalan.

  1. Bangun Relasi

Seorang pebisnis diharuskan punya relasi yang kuat, terutama dengan para pelanggan. Sebab bisnis kuliner tanpa adanya pelanggan jelas tidak bisa berjalan. Sebagai pelakon bisnis awal anda perlu ciptakan hubungan dua arah dengan customer. Misalnya ikut memberikan pelayanan, ngobrol langsung saat pembeli membayar, atau ucapkan terima kasih saat pelanggan selesai membeli.

Berbagai strategi bisnis perlu diterapkan untuk meningkatkan keuntungan. Dalam bisnis kuliner, anda harus menciptakan suatu menu yang beda dari yang lain. Konsumen akan memburu usaha anda ketika ada hal baru yang ingin dicoba. Dibantu dengan aplikasi kasir yang siap memberikan kemudahan untuk kelangsungan usaha.