Gaji Menjanjikan, Ini Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api!

Peningkatan kebutuhan akan layanan transportasi membuat Persero menambah armadanya. Penambahan ini sekaligus membuka kesempatan bagi pelamar untuk mengisi kekosongan posisi. Salah satunya ialah menjadi seorang pramugari kereta api.

Tugas pokok dari pramugari sendiri ialah memberikan pelayanan secara maksimal. Begitu pula, mengupayakan keamanan dari penumpangnya.

Meskipun berat, nyatanya profesi ini banyak dicari. Pasalnya, gaji yang ditawarkan cukup tinggi. Yakni di atas UMR.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan mengulas tentang gaji dan syarat untuk memasukinya. Jika Anda bermimpi untuk menjadi pramugari kereta api, sempatkan waktu untuk membaca ulasannya berikut ini.

Table of Contents

Gaji Pokok Pramugari di Kereta Api

Dari sekian banyak jenis pekerjaan, pramugari tampaknya lebih diinginkan oleh kaum hawa. Apalagi bagi kaum wanita yang gemar dengan kegiatan bepergian.

Pekerjaan ini juga sangat menjanjikan. Gaji yang ditawarkan di atas UMR. Cocok untuk memenuhi kebutuhan hidup di tiap harinya.

Secara umum, gaji seorang pramugari di kereta api di kisaran 4 juta rupiah. Itu merupakan gaji pokok yang mana sudah menjadi milik seutuhnya.

Menariknya lagi, gaji ini akan bertambah. Pasalnya, masih ada tunjangan yang diberikan oleh perusahaan bagi pramugari.

Besaran tunjangan disesuaikan dengan kebijakan. Tetapi beberapa sumber menyebutkan bahwa total dari tunjangan di kisaran 3 juta rupiah.

Jika dikalkulasikan, gaji total yang didapatkan oleh pramugari di kereta sekitar 7 juta rupiah. Bisa lebih dari itu ketika sudah masuk kategori senior. Tak pelak jika banyak kaum hawa tertarik untuk berkarir di dunia tersebut.

Syarat Seorang Pramugari Kereta Api

Ada beberapa persyaratan yang diperlukan untuk menjadi seorang pramugari. Syaratnya sebenarnya mudah. Bahkan, lulusan SMA sederajat bisa melamar pekerjaan tersebut.

Anda hanya perlu mengumpulkan berkas. Berkasnya seperti ketika Anda melamar pekerjaan di pabrik atau perusahaan. Di antaranya adalah fotocopy KTP, KK, SKCK, Ijazah terakhir serta surat lamaran.

Selain itu, syarat lain yang harusnya dipenuhi berkaitan dengan penampilan. Seorang pramugari dituntut memiliki penampilan yang menarik. Pasalnya, penampilannya merupakan poin utama dalam mendukung pada pelayanan yang memuaskan.

Minimal, seorang pelamar memiliki tinggi sekitar 160 cm. Penampilannya menarik dan ramah terhadap siapa saja.

Kemudian, pelamar seharusnya tidak buta warna hingga tidak berkacamata. Lantas, tidak bertato serta tidak menggunakan kawat gigi.

Pelamar juga diutamakan belum memiliki pasangan. Pasalnya, pelamar akan ditempatkan ke beberapa tempat yang dinilai posisinya kosong.

Kemudian yang tak kalah penting, seorang calon pramugari harus menguasai komunikasi dengan baik. Diutamakan mampu menguasai dua bahasa. Yakni Indonesia dan Inggris.

Dalam bertutur sapa, bahasa yang digunakan lebih ramah. Pasalnya, ini menjadi poin krusial dalam menangani keluhan pelanggan.

Syarat ini sebenarnya hampir mirip dengan bila Anda melamar sebagai pramugari di maskapai penerbangan. Penguasaan bahasa serta berpenampilan menarik tentu menjadi poin utama. Makanya, tidak salah bila pramugari ini akan tampil lebih ramah pada siapa saja.

Apabila Anda memang berniat untuk menjadi pramugari, ada baiknya Anda mempersiapkan diri. Salah satunya dengan mempelajari hal-hal yang diperlukan. Khususnya untuk membekali diri dengan keterampilan berbahasa dan menangani penumpang.

Bagi yang ingin mempelajarinya, Anda bisa mendaftarkan diri ke sekolah pramugari. Di sini, Anda akan diajari tentang bagaimana cara menjadi seorang pramugari yang terampil. Bahkan, mampu menguasai situasi darurat dalam kereta api.

Itulah kurang lebih yang bisa disampaikan di sini. Jika Anda ingin memiliki karir yang menarik dengan gaji tinggi, tidak ada salahnya untuk menekuni profesi pramugari kereta api.

Similar Posts