Cara Komputer Hang

Setiap barang memiliki masa sehatnya sendiri. Sama seperti manusia, begitu bangun tidur pasti tubuh terasa bugar, kan? Begitu pula perangkat komputer. Saat masih baru biasanya masih lancar-lancar saja digunakan.

Begitu seiring pergantian waktu biasanya perangkat ini akan mulai menunjukan gejala kerusakan. Gejala kerusakan itu bisa dilihat dari kinerjanya yang mulai melambat, sering error’, bahkan ngehang. Berikut ini cara mengatasi komputer yang ngehang berdasar penyebabnya yang dikutip dari website Ponselsoak.

Komputer Hang Terlalu Panas

Tidak dapat dipungkiri komputer kamu akan ngehang saat terlalu lama digunakan. Komputer yang terlalu lama digunakan pasti akan menimbulkan suhu tinggi karena kinerjanya yang semakin berat. Kalau tidak segera diatasi, bisa bahaya tuh!

Biasanya penyebab dari komputer terlalu panas bisa jadi pendingin atau heatsink and fannya rusak.  Maka tidak heran jika kamu harus mulai memperhatikan kesehatan komputer. Untuk mengatasinya, ikuti cara-cara di bawah ini!

Pertama, kamu bisa memulai membongkar bagian dalam CPU. Keluarkan isinya, kamudian cek bagian heatsink and fan. Biasanya salah satu penyebab CPU cepat panas karena perangkat keras tersebut sudah berdebu.

Oleh karenanya kamu harus membersihkannya lebih dulu. Biasanya pula heatsink and fan terhambat pergerakannya karena sudah macet. Maka supaya lancar kamu bisa menambahkan minyak sedikit di bagian perputarannya.

Terlepas dari memperhatikan heatsink and fan, waktunya beralih pada Processor. Beri thermal glass sebesar biji jagung ke atas Processor. Selain itu, kamu bisa lanjut pemasangan perangkat dan pastikan posisinya benar. Begitu selesai, cobalah hidupkan komputer dan nikmati hasilnya!

Komputer Hang Kena Virus

Hang pada komputer bukn hanya disebabkan karena perangkat kerasnya yang terganggu. Melainkan bisa juga disebabkan dari dalam sistemnya. Seperti halnya, komputer yang terkena virus. Virus sering dianggap sebagai pengganggu.

Penuebabkan adalah virus mampu membuat sistem komputer menjadi rusak. Karena sistem komputer rusak, jadinya kinerja pun terhambat. Karena kinerja terhambat, segala transaksi di dalamnya tidak lancar maka jadilah hang.

Untuk sumber virus itu sendiri biasanya bawaan dari internet. Terlebih saat kamu menggunakan koneksi WiFi umum. WiFi seperti ini akan lebih mudah menyerang perangkat penggunanya karena banyak orang yang menggunakan.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Tinggal aktifkan safe mode. Mengaktifkan mode ini akan membantu kamu dalam pemindaian virus. Tapi, kalau tidak bisa diatasi sepenuhnya dengan menggunakan cara ini, berarti kamu harus instalasi sistem ulang.

Hang karena RAM Penuh

Penyebab komputer hang bukan hanya disebabkan oleh kejadian di atas saja. Melainkan penyebab penyimpanan penuh bisa saja terjadi. Penyimpanan komputer yang penuh membuat kamu kesulitan mengoperasikan perangkat karena kinerjanya lambat.

Bukan hanya itu saja, mengingat RAM andil penuh dalam kinerja perangkat komputer membuat kamu harus jeli seputar penyimpanannya. Kalau kepenuhan sudah pasti komputer akan hang dan kinerjanya pun menjadi lambat.

Kepenuhan pada RAM bisa disebabkan karena kamu menyimpan begitu banyak aplikasi. Maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak begitu penting.

Menghapus sejumlah data seperti halnya video berukuran besar juga sangat penting. Atau jika kamu ingin menambah kapasitas RAM juga bisa. Hal ini diperlukan supaya perangkat komputer dapat kembali bekerja normal.

Nah! Itulah beberapa penyebab beserta cara mengatasi komputer yang hang. Selain masalah-masalah di atas, masih ada lho masalah lainnya yang menyebabkan komputer kamu jadi hang. Entah itu harddisknya rusak, drivernya yang tidak cocok, dan lain sebagainya.

Similar Posts