Apa Itu Search Engine Marketing (SEM) dan Apa Alasan Menggunakannya?

Salah satu cara terbaik untuk melakukan pemasaran adalah dengan cara meningkatkan penampilan produk yang membuat khalayak bisa melihat produk dimanapun mereka berada. Iklan adalah jalan untuk mencapai hal ini. Search Engine Marketing atau yang disingkat dengan SEM merupakan istilah untuk membuat iklan di dalam mesin pencari sehingga seseorang akan melihat iklan pada saat menggunakan keyword yang berhubungan dengan website yang diiklankan. Untuk bisa mendapatkan iklan ini maka seorang pemilik website harus membayar pada pengelola mesin pencari. Uang yang dibutuhkan bisa bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah. Iklan juga dibuat dengan menggunakan tool tertentu sehingga sangat mudah digunakan dan juga mudah untuk dijangkau.

Keunggulan SEM dalam Hal Biaya Dibandingkan dengan SEO

SEO membutuhkan banyak hal diantaranya konten yang pas, domain yang aman dan berbagai persyaratan lain. Yang paling melelahkan dari SEO adalah berusaha untuk mempertahankan peringkat yang tinggi pada search engine. Tidak jarang website menjadi naik turun dalam peringkat mesin pencarian sesuai dengan rutinitas SEO yang dilakukan pengelola website. SEO membutuhkan usaha ekstra dalam membuat website bisa muncul pada sasaran yang tepat. Proses untuk mencapai hal ini tidak sebentar dan biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. Pengelolaan SEO yang baik memang membutuhkan banyak usaha. Atas alasan ini jasa pengelolaan SEO seperti digital agency jakarta menjadi berkembang pesat dan bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan memastikan website berada di urutan atas hasil mesin pencari.

SEM adalah solusi yang lebih sederhana dan biaya yang dikeluarkan juga bisa dikendalikan dengan mudah. Sebuah sistem SEM akan memunculkan iklan untuk sebuah website dengan mudah di hasil pencarian terbatas sebuah mesin pencari. Caranya sederhana yaitu pemilik website tinggal membayar pengelola mesin pencari dan menentukan usia, jenis kelamin serta kriteria lain untuk pengguna initernet yang bisa melihat iklan ini dalam mesin pencari mereka. Iklan akan muncul pada saat kata kunci yang digunakan pada mesin pencari cocok dengan pengaturan yang sudah dibuat untuk iklan tersebut.

Keunggulan Lain dari Penggunaan SEM

Apapun kesulitan yang didapatkan dari SEO tidak akan ditemukan pada SEM. Biaya yang dikeluarkan sangat mudah untuk diatur sehingga untuk mengiklankan sebuah website seseorang tidak perlu susah menyewa agensi karena mereka bisa melakukannya sendiri. Peluang untuk mengubah pengguna mesin pencari menjadi pembeli produk juga sangat tinggi karena pada akhirnya informasi yang dicari di internet mengenai produk tertentu akan mengarah pada tempat membeli produk yang terbaik. Iklan adalah cara termudah untuk menemukan tempat membeli produk yang dicari sehingga SEM memotong langkah rumit pengelolaan website dan berbagai aspek SEO lainnya dengan cara memberikan informasi dan akses membeli produk pada saat bersamaan.

Intinya SEM dapat memberikan semua hal yang diberikan oleh SEO hanya saja caranya lebih singkat dan cepat. SEM juga memberikan peluang yang bagus bagi pengguna internet untuk langsung membeli produk. Konten yang dibutuhkan tidak banyak sehingga pengelola website bisa berfokus pada sebuah konten yang sangat menarik dan bisa mempengaruhi pengguna internet untuk membeli produk. Walaupun demikian SEM punya sedikit masalah yang tidak bisa diselesaikan tanpa SEO yaitu daya tahan dan kesinambungan. Iklan akan selalu dilewati jika yang dibutuhkan adalah informasi. Semua orang bisa menggunakan SEM sehingga akan ada perebutan pelanggan antara pengguna SEM untuk website yang serupa. Iklan yang dibeli juga memiliki durasi sehingga pada akhirnya iklan akan hilang dari mesin pencari dengan sendirinya.