3 Fakta Menarik Air Terjun Niagara yang Menjadi Wisata Terkenal di Amerika

Air Terjun Niagara yang membentang di Ontario, lokasi perbatasan antara Kanada dengan Amerika Sekitar, menawarkan keindahan yang tidak tertandingi. Membuatnya menjadi salah satu air terjun indah yang terkenal di dunia. Dengan tinggi 51 meter dan lebar rata rata 1,2 kilometer, Niagara memiliki sejumlah fakta menarik yang bisa dibahas. Apa saja ? Yuk intip.

Fakta Menarik Niagara

  1. Air Terjun dengan Aliran Debit Terbesar

Jika anda berpikir bahwa Niagara adalah air terjun tertinggi atau terlebar di dunia, maka pemikiran tersebut keliru. Karena Niagara hanya memiliki tinggi sekitar 51 meter, dan bukan air terjun terlebar meskipun lebar rata ratanya mencapai 1,2 kilometer. Meski begitu, Niagara mempunyai aliran debit terbesar bila dibandingkan dengan air terjun lainnya.

  1. Terdiri dari Kumpulan Tiga Air Terjun

Sejatinya, Niagara bukan hanya satu air terjun, melainkan merupakan kumpulan ai terjun. Terdiri dari Horseshoe Falls, American Falls, dan Bridal Veil Falls yang diberi nama sesuai ciri khasnya masing masing. Seperti Horseshoe Falls yang bentuknya tampak seperti tapal kuda. Air terjun Horseshoe tersebut juga dikenal sebagai Canadian Falls karena wilayahnya sebagian berada di Kanada.

  1. Dianggap Sebagai Air Terjun Termuda

Tahukah anda bahwa Niagara ternyata dianggap sebagai air terjun termuda meskipun usianya sekitar 12.000 tahun ? Itu karena keajaiban geografi lainnya yang ada di dunia mempunyai usia yang jauh lebih tua dari Niagara. Seperti Giant Causeway yang ada di Irlandia. Yang mana usianya sudah lebih dari 60 juta tahun.

Itu dia beberapa fakta dari Niagara yang menarik untuk dibahas. Selain itu, Niagara merupakan air terjun penghasil listrik yang menyuplai dalam jumlah besar bagi Amerika dan Kanada. Jadi bukan hanya sektor pariwisata, namun Niagara juga memiliki peran penting untuk berbagai sektor lainnya.

 

Similar Posts