Tugu Monas Monumen Nasional

Tugu Monas sangatlah terkenal dan pastinya tidak ada satu orang pun yang tidak mengetahui. Meskipun belum pernah mengunjungi tugu ini, pastinya sudah banyak mencari informasi melalui internet. Ingin tau lebih dalam mengenai keunikan Tugu Monas beserta dengan fakta menariknya? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Makna Desain Tugu Monas

Bentuk tugu Monas sangatlah unik, apalagi bagian puncaknya yang seperti balutan es krim. Tingginya tiang tugu ini melambangkan laki-laki yang bermakna kesuburan. Sedangkan pada bagian bawahnya melambangkan kelembutan wanita.

  1. Sayembara

Tahukah Anda jika dulu dalam penentuan desain tugu Monas terjadi sayembara yang sangat panjang. Sayembara di ikuti oleh 51 peserta dan di menangkan oleh F. Silaban. Pemenang sayembara ini juga merupakan arsitek Masjid Istiqlal Jakarta. Nah, pada tahu 1961 inilah tugu Monas mulai dibangun.

  1. Puncak Monas

Puncak Monas bewarna emas ini sekilas jika dilihat seperti es krim. Namun, ternyata puncak monas ini melambangkan sumber emas. Yang mana sumber emas ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan semangat masyarakat Indonesia melawan penjajah.

  1. Pergantian Nama

Dulunya tugu ini bukanlah monas. Namun, dikarenakan tugu ini berada di Lapangan Merdeka Monas, banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai Tugu Monas atau singkatan dari Monumen Nasional. Apalagi tugu ini cukup tinggi, sehingga bisa digunakan untuk menikmati Ibukota Jakarta dari ketinggian.

Similar Posts