Baju Adat Papua Barat

Deskripsi

Papua menjadi daerah yang cukup terkenal dengan pakaian adatanya. Pakaian adat Papua yang sangat unik membuat banyak orang sedikit heran, namun pakaian adat merupakan budaya dari suatu suku. Maka dari itu pakaian adat pasti memiliki sejarah dan ceritanya masing-masing.

Artikel

Papua sebagai salah satu suku yang terbilang unik di Indonesia memang menawarkan berbagai nuansa budaya yang tidak biasa. Letak georgrafisnya yang ada di daerah hutan mebuat mereka menjadi suku yang kuat dan dekat dengan alam. Kedekatan denga alam ini akan sangat berdampak bagi budaya suku-suku di Papua, bagaimanapun cara hidup mereka pasti akan menyeimbangkan dan menggunakan alam sebagai alat bertahan hidup.

Pakaian adat merupakan salah satu budaya dari sebuah kelompok masyarakat, termasuk masyarakat papua.  Pakaian adat masyarakat papua cenderung simple karena terbuat dari bahan-bahan yang diambil dari alam. Penasaran dengan pakaian adat masyarakat papua? Simak artikel berikut ini.

Pakaian adat masyarakat Papua.

  1. Koteka

Pakaian adat masyarakat Papua untuk pria disebut dengan Koteka. Pakaian adat untuk pria Papua ini dapat dibilang cukup nyentrik karena pakaian adat ini hanya digunkan untuk menutupi kemaluan pria saja sedangkan bagian tubuh lain dibiarkan terbuka.

  1. Baju Kurung

Baju kurung adalah pakaian adat wanita papua yang pakaian atas terbuat dari kain beludru dan pakaian bawah terbuat dari rumbau bulu dengan berbagai ornament hiasan pada bagian kaki, lengan dan juga kepala.

Demikian ini mengenai pakaian adat papua, semoga bermanfaat.

Similar Posts